![]() | |
Siswa MI WS Kebonrowopucang dengan antusias dan gembira mengerjakan UTS |
Hari ini, Sabtu tanggal 1 Maret 2014, Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kebonrowopucang Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan menggelar Ulangan Tengah Semester Genap tahun pelajaran 2013/2014. Kegiatan akademik ini akan berlangsung sampai dengan hari Kamis besok tanggal 6 Maret 2014.
Ahmad Muthohar selaku tenaga pendidik sekaligus ketua panitia UTS mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang telah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan lalu. Sekaligus pula untuk mengetahui tingkat daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan. Apalagi di Madrasah ini semua tingkatan kelas paralel. Dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 terdiri atas kelas A dan B. Hal ini diwujudkan guna efektivitas dari kelas dapat maksimal. Semakin sedikit jumlah siswa dalam kelas, maka semakin mudah guru dalam pengelolaan kelas dan semakin efektif pula kegiatan belajar mengajar yang disampaikan di kelas, demikian imbuh Syarif Hd selaku Kepala Madrasah.
Selain itu, perlu diketahui pula bahwa guna kelancaran kegiatan UTS, seluruh dewan guru dilibatkan dalam kepanitiaan UTS serta membuat sendiri naskah soal yang akan dievaluasikan. Guru dituntut untuk dapat mengelola kegiatan sekaligus berlatih membuat soal yang baik dan reliabel.
Dalam penyusunan soal, ketua panitia memberikan arahan bahwa soal harus mengedepankan materi yang diajarkan dan harus memuat pula bentuk bentuk evaluasi seperti multiple choice/pilihan ganda, jawab singkat serta essai. dengan beragamnya bentuk evaluasi akan berdampak pada meningkatnya kemampuan siswa dalam menjawab soal.
Di lingkungan Ma'arif NU Kabupaten Pekalongan memang berhembus adanya isu penyeragaman soal UTS, namun pelaksanaan di Madrasah ini menampik adanya isu tersebut. Penyeragaman soal UTS tidak hanya menimbulkan tidak validnya naskah soal yang dibuat, dikarenakan penyampaian materi masing-masing madrasah akan berbeda. Penyeragaman juga berimbas pada tumpulnya kemampuan guru madrasah dalam penulisan soal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar